Senin, 28 Februari 2011

Budaya Kepulauan Riau


Budaya Kepulauan Riau Seni Kebudayaan Daerah Kep Riau - Propinsi Kep Riau yang berada di pulau Sumatera ini memiliki sejarah budaya yang sangat panjang.

Provinsi Kepulauan Riau memiliki letak geografis yang sangat strategir karena berbatasan dengan negara Singapira dan berada pada jalur perdagangan internasional.
Di propinsi kep Riau memiliki kakayaan budaya yang meliputi 10 bahasa yang di jadikan alat komunikasi. Provinsi Kepulauan Riau dihuni oleh 17 suku sehingga memiliki keanekaragaman dalam hal bahasa.

Bahasa Daerah Kepulauan Riau
Bahasa Melayu Riau mempunyai sejarah yang cukup panjang, seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya Bahasa Indonesia juga berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya dan Malaka

Musik Daerah Kep Riau
Musik Melayu yang berkembang di Kepulauan Riau adalah jenis musik Melayu dalam bentuk Langgam atau Senandung, musik joget Melayu, musik Zapin, Silat, Inang dll.

Tarian Daerah Kep Riau
Banyak jenis tari daerah yang ada di Kepulauan Riau. Jenis tarian yang menjadi kekayaan kebudayaan Kepulauan Riau di antaranya adalah Tari melayu. Tarian ini berkembang di daerah kabupaten dan kota yang ada di propinsi Kep Riau antara lain : Tari Zapin, Tari Melemang, Tari Dayung Sampan, Tari Topeng, Tari Zikir Barat, Tari Engku Puteri, Tari Joget Makcik Normah di pulau Panjang Batam.


0 komentar: